Apa itu 4130 CHROMOLY ?

Friday 18 November 2011

Apa itu 4130 CHROMOLY ?

4130 Chromoly merupakan bahan besi terbaik yang digunakan untuk membuat rangka (frame) sepeda.
Bahan ini biasa kita sebut sebagai Chromoly atau Chromo. Dan sebutan untuk rangka (frame) sepeda adalah 4130 Chromoly. 4130 Chromoly sendiri adalah Alloy (logam). Alloy sendiri combinasi dari dua atau lebih jenis logam. Beberapa dari kita menyebutnya Alumunium, tetapi biasanya rangka (frame) sepeda merupakan Alloy yang terbentuk dari beberapa bahan, antara lain;
Carbon 0.28 - 0.33 %, Chromium 0.8 - 1.1 %, Manganese 0.7 - 0.9 %, Molybdenum 0.15 - 0.25 %, Phosphorus 0.035 % max, Silicon 0.15 - 0.35 %, Sulphur 0.04 % max, anda dapat mancari dan melihatnya  di table kimia. 
Hal ini yang membuat 4130 Chromoly menjadi logam pipa yang ringan tetapi memiliki kekuatan yang terbaik dari besi atau logam dalam bahan pembuatan rangka (frame) sepeda.

7 comments:

Anonymous said...

Wow.. lebih bagus dari Hi-ten yah...

Anonymous said...

berapa berat maximal besi chromoly.

Unknown said...

Besi chromoly bisa karatan ga ? bahan untuk nge-las sambungan nya pakai apa material nya ?

lucky said...

bahan pipa chomoly bisa saya dapatkan dimana ya?
untuk daerah jabodetabek, kalo ada yang tau "tolong kasih tau alamatnya ya? :D thank's

Unknown said...

salah besar om, chromoly itu pipa logam baja ringan, bukan alumunium. chromoly itu dibuat dengan teknik pemanasan sampai suhu tertentu dan di finishing seperti dipanggang atau di dinginkan dengan hydrogen kembali untuk mendapatkan titik kekuatan yang diinginkan.

Anonymous said...

betul bro aditya maulana . (y)

binsarph said...

Filler metal apa yang bisa digunakan dalam pengelasan pipa CrMo 4130 menggunakan metoda GTAW & SMAW? Apakah diperlukan proses pre-heat dan PWHT? Apakah diperlukan juga interval temperature? Kalau memang diperlukan, berapa suhu pre-heatnya? Bagaimana dgn variabel PWHT nya? Berapa interval welding temperature nya? Saya akan melakukan pengelasan pada rollcage dan pembuatan chass motor trail, bukan untuk pengelasan hi pressure hi temp tubing....thanks penjelasannyais

Post a Comment