Membuat Basic Beat Dengan Fruity Loops

Friday 18 November 2011

Membuat Basic Beat Dengan Fruity Loops

Bagaimana kabar kawan XD semua? Pada Tutorial kali ini XD akan menunjukkan cara dari basic pembuatan musik digital dengan menggunakan Fruity Loops. Buat kalian yang masih awam dengan FL (fruity loops), silakan simak ulasan di sini agar kalian bisa lebih memahami media yang akan kita gunakan. Ok langsung saja kita ambil langkah awal:
Buka software FL. biasanya sudah langsung terpampang 4 sampler (Kick, Clap, Hat, Snare). Jika FL kalian masih dengan settingan non-sampler maka buka dan pilih sampler template pada tab File (File – New From Template – Minimal – Basic With Limiter). Untuk mempermudah monitoring suara, buka MIXER dengan menekan tombol F9 (View – Mixer).
Beri ketukan suara pada tiap kotakan kecil Sampler sesuai kreasi kalian (klik kiri untuk mengisi dan klik kanan untuk menghapusnya). Untuk mempermudah kawan XD dalam berkreasi, XD menyarankan agar kawan mengaktifkan tombol Play/Pause sembari mengisi ketukan dari masing-masing Sampler. 
Sebelum kawan menjadikan project ini menjadi format Wav atau Mp3, ada baiknya kawan merelakan waktu sejenak untuk Monitoring dari tiap Sampler pada MIXER. Jika masih ada kawan XD yang masih belum mengerti benar prinsip kerja MIXER, kawan bisa lihat di sini. (Pada poin ke-empat ini kawan XD bisa mengikutinya atau langsung menuju ke langkah berikutnya saja).
Setelah semua komposisi sudah cukup memuaskan kawan XD, sekarang waktunya untuk menjadikan format Wav atau Mp3 (RENDERING). Tekan Ctrl+R untuk Export (File – Export – Wave File.. ataupun Mp3 File..) Pada box Render to ... , Kalian bisa memilih format render. Untuk settingan Bitrate Mp3 standar biasanya berkisar antara 128kbps – 192kbps, sedangkan untuk format Wav cukup dengan kedalaman 16bit saja sudah bisa memanjakan telinga kawan semua. Kemudian tekan tombol START.

Sekarang bagaimana dengan hasil musik digital yang sudah kawan XD buat? Sudah cukupkah pengetahuan Basic pembuatan musik digital kawan XD semua? Kawan bisa mengikuti Tutorial Digital Music lebih jauh lagi di posting XD selanjutnya, be there and wait this comes over to you..
Bagi kawan di luar sana yang masih bingung dan ingin bertanya mengenai tutorial ini, silakan share dengan kami pada kolom comment di bawah ini. Terima kasih.

1 comment:

Anonymous said...

buat synth juga bisa?

Post a Comment